PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Perangkat Lunak (Software)
•
Program komputer yang memungkinkan sebuah
komputer dapat melakukan sebuah tugas tertentu
•
Terdiri dari kumpulan instruksi dan data yang
disimpan di dalam memori komputer
Fungsi Software
Menyiapkan program aplikasi sehingga proses kerja komputer dapat terkontrol
Sebagai perantara antara pengguna (user) dengan perangkat keras (hardware)
untuk melakukan suatu proses
Era
Perkembangan Software
Era Pioner
Pada
era Pioneer ini bentuk Software Komputer
berupa sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, cara
mengaksesnya menggunakan ‘punched card’ atau kartu yang dilubangi.
Era Stabil
Pada
era Stabil ini baris-baris perintah software komputer dijalankan oleh komputer,
bukan lagi dijalankan satu per satu, tapi sudah banyak proses yang dilakukan
secara bersamaan (multi tasking). Software pada era ini dapat digunakan oleh
beberapa orang secara bersamaan sekaligus (multi user). Di era ini juga sudah
mulai dikenal Database (Basis Data)
Era Mikro
Pada
era Mikro Software Komputer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti
Sistem Operasi (Windows, Linux, MacOS dll) dan jenis Software Aplikasi
(MS-Office, Adobe, dll) serta jenis Bahasa Pemrograman (Visual Basic, Delphi,
Java dll)
Era Stabil
Pada era Modern, Software komputer tidak hanya
untuk (Personal Computer), tapi juga untuk Smartphone dan Tablet, sudah muncul
Software Mobile seperti Android, Symbian, IOS dll). Tingkat kecerdasan Software
juga sudah luar biasa, selain mengelola hardware, software saat ini juga sudah
mengenal suara, gambar dan video (multimedia)
Istilah
Adware
Software jenis ini menyisipkan iklan (ad)
didalam programnya, software jenis ini biasa didapat gratis diinternet, namun
kita harus menerima adanya iklan.
Freeware
Software ini sifatnya gratis dan bisa
digunakan tanpa batasan waktu, biasanya software ini fiturnya kurang powerfull.
Shareware
Software jenis ini merupakan kebalikan dari
freeware, karena memiliki batasan waktu tertentu dan mengharuskan pengguna
melakukan validasi kepemilikan software dengan serial number yg didapatkan dari
membelinya. Biasanya software ini cukup powerfull.
Spyware
Spyware merupakan software yang berfungsi
memantau ataupun memata-matai aktivitas komputer yang dilakukan oleh pengguna.
Software ini lebih sering disalahgunakan untuk kepentingan pencurian data.
Open Source
Merupakan aplikasi gratis berserta dengan sourcenya, sehingga setiap
orang (programmer) dapat memodifikasi dan mengembangkan software tersebut.
(Misalnya Linux)
Proprietary
Merupakan lawan dari Open Source merupakan
aplikasi berbayar dengan source yang
tertutup atau tidak dapat dimodifikasi atau digunakan oleh orang-orang yang
tidak berhak. (Misalnya: Windows)
Sistem Operasi (Operation System)
Program yang berfungsi untuk mengatur sistem kerja seluruh komputer
Dilihat dalam konteks pengembangan program aplikasi, OS menutup detail
hardware yang rumit kepada programmer dan menyediakan antarmuka yang mudah bagi
programmer dalam mengembangkan suatu program
Manajemen Proses
Pembuatan atau penghapusan proses yang dibuat oleh pengguna dan sistem
proses
Menunda atau melanjutkan proses
Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi.
Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi.
Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.
Manajemen Memori Utama
Memori utama berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang akses datanya
digunakan oleh CPU atau perangkat I/O
Memoriutama termasuk tempat
penyimpanan data yang sementara (volatile),artinya data dapat hilang
begitu sistem dimatikan.
Menjaga dan memelihara bagian-bagian track dari memori yang sedang
digunakan dan siapa yang menggunakannya
Memutuskan proses-proses mana saja yang harus dipanggil ke memori jika masih ada ruang di memori
Mengalokasikan dan meng-dealokasikan ruang memori sesuai kebutuhan.
Manajemen Memori Sekunder
Sistem operasi bertanggung-jawab atas aktifitas-aktifitas yang berkaitan
dengan disk-management seperti :
Pengaturan ruang kosong (free-space management).
Alokasi penyimpanan.
Penjadwalan disk.
Manajemen Sistem I/O
Menyediakan "device driver" yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam
(membuka, membaca, menulis, menutup)
Komponen Sistem operasi untuk sistem
I/O :
Spooling : melakukan penjadwalan penggunaan I/O sistem supaya lebih efisien (antrian dan
sebagainya).
Menyediakan driver untuk dapat melakukan operasi yang mendetail untuk perangkat keras I/O
tertentu.
Sistem buffer-caching
Antarmuka device-driver secara umum
Menyediakan driver untuk device hardware-hardware tertentu.
Manajemen Berkas/File
Pembuatan dan penghapusan berkas
Pembuatan dan penghapusan direktori
Mendukung manipulasi berkas dan direktori
Memetakan berkas ke secondary storage
Mem-backup berkas ke media penyimpanan yang permanen (non-volatile).
Sistem Proteksi
Beberapa mekanisme untuk mengendalikan akses program, proses, atau pengguna
pada sumber daya yang ditugaskan oleh sistem komputer
Jika sistem komputer mempunyai berbagai pengguna dan mengijinkan eksekusi bersamaan dan berbagai proses, proses-proses tersebut harus diproteksi dari satu
atau aktifitas yang lain.
Penerjemah Bahasa Komputer
Sistem program
yang berfungsi sebagai penerjemah kode ke dalam bahasa mesin
Perangkat Lunak Aplikasi
Bahasa Pemrograman
Perangkat lunak bahasa yang digunakan untuk merancang atau membuat program
sesuai dengan struktur dan metode bahasa yang digunakan
Tingkatan Bahasa Pemrograman
Bahasa Mesin
Bahasa Tingkat Rendah
Contoh : Tasm3
Bahasa Tingkat Tinggi
Contoh : Basic, Pascal, delphi, Visual Studio, Perl,
Phyton, C, C++, Java
Program Aplikasi
Program siap pakai yang dibuat untuk membantu pekerjaan pengguna
Program aplikasi yang dibuat khusus, contoh : program gaji untuk
perusahaan, Payroll, GL, MYOB,dll
Program aplikasi yang dapat digunakan banyak orang untuk berbagai kebutuhan
Program Utilitas
Perangkat lunak yang dirancang untuk membantu menganalisa, mengonfigurasi,
mengoptimalkan, dan memelihara komputer
Program jenis ini tidak banyak melibatkan pengguna dalam penggunaannya,
tetapi bekerja sendiri sesuai dengan perintah dan fungsinya.
Antivirus
BitDefrnder
Kaspersky
Avira
AVG
Norton
Microsoft Security Essential
McAfee
Avast
NOD32
Smadav
Vipre
Spyware Remover
Easy Erase Spyware Remover
Ad-Aware
PC Spyware Remover Pro
BPS Spyware and Adware Remover
AIM Spyware Remover
Blue Spyware Remover
Netcom3 Free Spyware Remover
File Compression
PKZIP
WinZip
WinRAR
7ZIP
WIN UHA
IZArc
PeaZIP
CD/DVD Burning
Creator 7
Nero
StarBurn
Okeker
Infra Recorder
ImgBurn
DeepBurner
Ashampoo Burn Free
Cdrtfe
Computer Maintenance
CCleaner
Norton SystemWorks Premier
Tune Up Utilities
Glary Utilities
Advance Systemcare
Program
Aplikasi
Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti
program gaji pada suatu perusahaan.
Umumnya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai
dengan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan
interennya.
Program aplikasi bersifat lebih khusus jika dibandingkan dengan sistem
operasi.
Perangkat lunak ini secara khusus menangani kebutuhan pekerjaan dari
pengguna seperti mengetik, membuat tabel, memainkan musik, memutar video, dan
browsing internet atau interkoneksi dengan sesama komputer lokal.
Contoh
Program Aplikasi
Aplikasi grafis, seperti: CorelDraw, Photoshop, ACDsee
Aplikasi Multimedia, seperti : Windows Media Player, Winamp,
PowerDVD, Klite
Aplikasi Browser, seperti : Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet
Explorer
Aplikasi Programming, seperti: Visual Studio, Delphi, C++ Builder
Aplikasi Web Designer, seperti: Dreamweaver, Frontpage
Program
Paket
Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket
menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidang pekerjaan yang saling berkaitan.
Contoh paket yang paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya
terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka
(Microsoft Excel), Untuk Program Presentasi (Microsoft Power Point) dll.
Contoh Lainnya adalah Adobe Master Collection
BAB III
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Secara
fungsional Perangkat keras
komputer
dibedakan menjadi empat
macam
perangkat (devices), yaitu :
J Perangkat masukan (input devices),
J Perangkat proses (process devices),
J Perangkat keluaran (output devices),
J Perangkat penyimpan (memory/storage devices).
Perangkat
input (masukan)
merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang
akan diolah kedalam komputer. Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk
melakukan interaksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang
diberikan oleh penggunanya.
Gambaran
Sistem IO
Perangkat
input dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu :
ü Perangkat input langsung
ü Perangkat input tidak langsung.
Perangkat
input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU,
tanpa melalui media lain. Contohnya keyboard, mouse, joystic, scanner, pointing
devices
Sedangkan
perangkat input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan tidak langsung diproses
oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media yang berbentuk simpanan
luar (external memory), contohnya pita magnetic (magenetik tape),
disk magnetic (magnetic disk), atau kartu plong (punch card).
Papan Ketik (KeyBoard)
Merupakan sekumpulan tombol yang tersusun pada satu tempat seperti
mesin ketik yang umumnya mempunyai antara 85 hingga 120 tombol terdiri atas
huruf-huruf (A, a, B, b C, c, … Z,z), angka-angka (0,1, 2, …,9) simbul-simbul
atau biasa dinamakan karakter khusus (@, %, $, …,dan sebagainya) serta
tombol-tombol fungsi (F1, F2, F3, …, F12).
Mouse
Merupakan perangkat yang digunakan untuk meng-input-kan data dengan
cara menekan tombol klik. Biasanya mouse mempunyai 1 hingga 3 tombol klik dan
setiap tombol klik mempunyai peranan yang tersendiri. Terdapat 4
aktivitas utama yang bisa dilakukan oleh mouse yaitu ; Click atau single
click, untuk membuat pilihan tertentu pada layar; Double click
untuk membuka dokumen atau membuka folder; Right click, untuk
menunjuk arah pada layar komputer; Drag and Drop, untuk proses
pemindahan icon atau item pada layar.
Ada
3 tipe dasar mouse :
Mekanis : memiliki bola karet di dalam sisi bawah mouse dan berotasi dalam
segala arah. Sensor mekanisnya mendeteksi gerakan bola lalu sensornya
mengirimkan signal untuk menggerakkan kursor pada layar.
Optik : mouse ini menggunakan laser untuk mendeteksi gerakan mouse.Tidak
ada bola mouse dan gerakan mekanis. Mouse optik harus digerakkan di atas
permukaan atau alas tertentu dengan jaringan yang dapat dibaca mouse.
Wireless: sudah menggunakan media transmisi tanpa kabel.
Perangkat
Keluaran
Perangkat keluaran merupakan perangkat yang dipakai untuk menampilkan hasil proses.
Contohnya seperti layar monitor,
printer, plotter, display card dan
speaker.
Alat
ouput dpt berbentuk
¥ Hard copy device
alat untuk mencetak tulisan, gambar pada
media hard (keras) seperti kertas atau film.
Contoh:
-
Printer
-
Plotter
-
Microfilm
¥ Soft copy device
alat untuk mencetak tulisan, gambar pada
media soft (lunak) berupa signal elektronik.
Contoh :
-
Video
Display
-
Speaker
¥ Drive device
alat untuk merekam simbol dalam bentuk yg
dpt dibaca mesin,disk/tape.
PERANGKAT
PROSES
Alat proses adalah alat dimana instruksi – instruksi program di
proses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya
akan ditampilkan di alat output.
| Tugas CPU adalah melaksanakan dan mengawal keseluruhan operasi komputer
sehingga bisa dikatakan hampir keseluruhan pemikiran dilaksanakan di sini CPU
merupakan “otak” bagi sebuah sistem komputer.
| ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan.
| Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi computer
| Register digunakan untuk menyimpan instruksi
dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan
data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di mainmemory.
Semua data dan program yang dimasukkan lewat alatinput akan
disimpan terlebih dahulu di main memory,khususnya di RAM.
_ RAM
merupakan memori yang dapat diakses
yaitu dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer.
_ Read Only Memory (ROM)
F ROM (Read Only Memory), dari namanya, memori ini hanya dapat
dibaca saja, programmer tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM.
F Isi ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya, berupa sistem operasi
(Operating System) yang terdiri program-program pokok yang diperlukan oleh
sistem komputer
Misalnya
-
program
untuk mengatur penampilan karakter di layar,
-
pengisian
tombol kunci dikeyboard untuk keperluan kontrol tertentu
Perangkat
Penyimpan
Perangkat
penyimpan (memory device) atau sering
disebut memori (memory) saja merupakan perangkat yang digunakan untuk
melakukan penyimpanan data dalam komputer.
Berdasarkan
letaknya memori komputer dibedakan menjadi dua yaitu memori yang letaknya
didalam (Internal memory) dan memori yang letaknya diluar (external
memory).
Sedangkan
berdasarkan kekekalannya penyimpanan dibedaka menjadi penyimpanan sementara (temporary
memory) dan penyimpanan tetap (permanent memory).
Internal memori adalah memori yang letaknya ada pada perangkat motherboard.
Data yang akan diproses ataupun hasil pemrosesan komputer, disimpan didalam
internal memori. Selain itu, internal memori juga digunakan untuk menyimpan
program yang digunakan untuk memproses data. Internal memori terdiri atas ROM (Read
Only Memory) dan RAM (Random Access Memory).
Eksternal memori adalah memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard,
disebut eksternal karena biasanya letaknya tidak terhubung langsung dengan
motherboard bahkan ada yang diluar casing (box) CPU. Eksternal
memori selain memiliki sifat penyimpanan yang permanen (non-vilatile)
biasanya juga memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Yang termasuk
dalam kategori eksternal momori adalah floppy disk, CD-ROM, flash memory,dan
lain-lain.
Motherboard atau papan induk merupakan perangkat yang paling utama terdapat
pada susunan komputer, ini dikarenakan sebagai tempat bergantungnya semua
komponen dalam komputer.
Harddisk (HD) adalah
sebuah media penyimpanan permanen yang memiliki kapasitas penyimpanan yang
sangat besar bahkan paling besar dibanding dengan perangkat penyimpanan yang
lainnya.
Flash Memory.Flash
memory atau dinamakan stick memory adalah teknologi penyimpan sekunder yang
relatif baru. pemasangannya sangat mudah yaitu menggunakan port USB(universal
serial bus).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar